Pemasaran

Standar

Semua tugas kuliah saya ada disini, beberapa materi dosen saya dan dari beberapa blog tetangga… ” Saya tidak memaksa anda untuk meninggalkan komentar, tapi setidaknya berterima kasihlah apabila Tulisan saya telah membantu anda… saya sangat menghargai tulisan sekecil apapun, dan saya paling menghargai pembaca Internasional saya karena mereka sangat menghargai hasil tulisan saya”.

 

FUNGSI PEMASARAN Untuk dapat mempertahankan hidupnya, berkembang dan memperoleh keuntungan, perusahaan harus mampu melakukan salah Satu fungsinya yaitu pemasaran.
Ada beberapa pengertian
Menurut Stanton, Pemasaran yaitu sistem keseluruhan dari kegiatan bisnis yang ditujukan untuk, merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan, memuaskan kebutuhan pembeli yang ada dan pembeli potensial
Menurut Kotler, pemasaran adalah kegiatan manusia untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaranMenurut American Marketing Asosiation, pemasaran merupakan pelaksanaan kegiatan usaha niaga yang diarahkan pada arus aliran barang dan jasa.
Majemen Pemasaran.
Manajemen pemasaran merupakan analisis, perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian atas program untuk menciptakan, membentuk dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dalam mencapai tujuan organisasi.
Marketing Mix, yaitu kombinasi dari variabel-variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran yang terdiri dari produk, harga, kegiatan promosi dan sistem distribusi.
Konsep Pemasaran (marketing concept).
Dalam konsep pemasaran terkandung beberapa faktor :
  1. Pemuasan keinginan kelompok tertentu
  2. Program riset pemasaran (keinginan pembeli)
  3. Mempengaruhi pembeli
  4. Kepuasan konsumen
Konsep Penjualan (the selling concept).
Ada beberapa faktor yang terkandung dalam konsep penjualan :
  1. Mencapai volume penjualan stinggi-tingginya
  2. Mendorong pembeli dengan cara meningkatkan penjualan
  3. Memungkinkan pembeli untuk melakukan pembelian kembali
Segmentasi Pasar: Yaitu sebagai suatu proses membagi pasar menjadi irisan-irisan (bagian-bagian) konsumen yang khas yang mempunyai kebutuhan atau sifat yang sama dan kemudian memilih satu atau lebih yang akan dijadikan sasaran bauran pemasaran yang berbeda.

Segmentasi Pasar dapat juga didefiniskan sebagai suatu tindakan membagi pasar yang sifatnya heterogen kedalam satuan-satuan pasar (segmen) yang bersifat homogen.
Adapun syarat-syarat dari segmentasi pasar yaitu :
  1. Dapat diukur (measurability), yaitu mempunyai daya beli
  2. Dapat dijangkau (accesibility), yaitu dapat dilayani
  3. Besarnya (substantialibility), yaitu cukup menguntungkan
Ada beberapa macam pasar yang dikenal dalam bisnis :
  • Pasar barang konsumsi, yaitu pasar yang menawarkan kepada konsumen, dimana barang tersebut langsung dibeli konsumen akhir untuk memenuhi kebutuhannya.  Ada 3 jenis  barang konsumsi yaitu :
  1. Barang konvenien (convenien goods) yang barang yang digunakan dan dapat dibeli setiap hari oleh konsumen (sabun, gula, beras dll)
  2. Barang Toko (shopping goods) yaitu suatu barang yang perlu dipertimbangkan mutu, harga dan mereknya sebelum membeli (TV, Mesin Cuci, Dll)
  3. Barang Spesial (special goods) yaitu suatu barang yang mempunyai cirikhas tertentu, dan hanya dapat dibeli pada satu tempat tertentu saja (perhiasan, kerajinan, dll)
  • Pasar Barang Industri, yaitu pasar yang menawarkan barang, dimana barang yang dibeli adalah untuk diproses kembali atau untuk kegiatan industri. Barang industri dapat digolongkan menjadi :
  1. Bahan baku
  2. Komponen dan barang setengah jadi
  3. Perlengkapan operasi
  4. Instalasi
  5. Alat bantu lainnya
Silkus Kehidupan Produk (product life cycle).
Setiap produk yang dihasilkan oleh setiap perusahaan mempunyai siklus atau daur hidup, dimana masa dari setiap produk sangat sulit untuk dipastikan, Sehingga sering dikatakan siklus produk adalah berapa lama suatu produk yang ditawarkan dapat bertahan di pasar.
Siklus dari suatu produk (product life cycle) :
  1. Perkenalan (introduction), pada tahap ini produk yang dihasilkan oleh perusahaan masih merupakan barang baru di pasar. Hal ini memerlukan biaya yang besar untuk promosi dan kemungkinan belum dapat mendapat keuntungan.
  2. Pertumbuhan (growth), produk sudah mulai dikenal oleh konsumen, sudah terjadi persaingan, perusahaan harus memperbaiki produknya, penjualan meingkat dan perusahaan sudah memperoleh keuntungan dari penjualan, promosi masih diperlukan
  3. Kedewasaan (maturity), produk sudah dikenal dan disukai konsumen, perusahaan bisa memperoleh keuntungan puncak (laba maksimal)
  4. Kemunduran (declin), pada tahap ini merupakan siklus terakhir dari suatu produk, dalam hal ini perusahaan mempunyai 2 alternatif, yaitu menghentikan produk secara berangsur atau membuat produk baru.
Pengertian Harga.
Harga adalah jumlah yang dibutuhkan untuk mendapat sejumlah kombinasi dari barang beserta pelayanannya.
Beberapa faktor yang harus dipertimbangkan dalam penetapan harga :
  1. Harga barang sejenis dari para pesaing
  2. Kemampuan membeli masyarakat
  3. Jangka waktu perputaran dana
  4. Peraturan pemerintah
Beberapa metode yang dapat digunakan dalam penetapan harga suatu produk  yaitu :
  1. Menetapkan laba yang diinginkan
  2. Menentukan titik impak /pulang pokok (BEP)
  3. Menetapkan harga setinggi-tingginya
  4. Menetapkan harga serendah-rendahnya
Dalam pasar sering kita menemukan bermacam-macam bentuk dari harga seperti :
  1. Harga ditetapkan secara fsikologis, yaitu harga yang ganjil (9.900, dsb)
  2. Harga yang bertingkat (1500, 2000, 2500, dsb)
  3. Pemberian potongan penjualan : Potongan kuantitas, Potongan tunai, Potongan dagang
Konsep Harga Pokok.
Konsep dari harga pokok yaitu :
  1. Harga pokok historis, yaitu jumlah biaya yang keseluruhan yang nyata dikeluarkan untuk memproduksi suatu barang ditambah biaya lainnya sehingga barangnya beredar dipasar.
  2. Harga pokok Nonmartif, yaitu jumlah biaya keseluruhan yang seharusnya dikeluarkan ditambah biaya lainnya sehinggan barang beredar dipasar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s