Pengantar Bisnis

Standar

Produksi adalah semua kegiatan dalam menciptakan dan menambah kegunaan suatu barang atau jasa.

Proses Produksi adalah cara,metode atau teknik untuk menciptakan dan menambahkan kegunaan suatu barang atau jasa dengan menggunakan faktor-faktor produksi.

Manajemen Produksi adalah suatu kegiatan untuk mengatur dan mengkoordinasikan penggunaan sumber-sumber daya berupa sumber daya manusia, sumber daya dana serta bahan secara efektif dan efisien, guna menciptakan dan menambah kegunaan (utility) suatu barang atau jasa.

Faedah Bentuk (form utility) adalah suatu benda akan bertambah manfaat atau kegunaannya apabila adanya perubahan bentuk.

Faedah Waktu (Time utility) adalah suatu benda akan bertambah manfaatnya atau kegunaannya apabila disesuaikan dengan tempat atau digunakan pada waktu yang tepat.

Faedah Tempat (place utility) adalah suatu benda akan bertambah manfaatnya atau kegunaannya secara ekonomis apabilah berpindah tempat, dari satu tempat ke tempat yang lain.

Faedah Milik (possesion) adalah suatu benda akan bertambah manfaatnya atau kegunaannya apabila sudah berpindah tangan atau pemilik.

 

SIFAT PROSES PRODUKSI

Proses Ekstraktif : suatu proses produksi yang sufatnya mengubah bahan-bahan mentah yang bersumber dari alam.Proses Pabrikasi : suatu proses produksi yang sifatnya mengubah bahan mentah menjadi bahan/barang jadi.Proses Analitik : suatu proses produksi yang sifatnya memisahkan bahan mentah menjadi beberapa macam barang jadi.(gas bumi menjadi minyak bensin, solar dan minyak tanah) Proses Sintetik : suatu proses yang sifatnya mengkombinasikan bahan mentah menjadi satu barang jadi atau prodduk (Pil, Obata-obatan) Proses Perakitan : suatu proses produksi yang sifatnya menggabungkan komponen-komponen menjadi barang jadi / produk (TV, Radio, Dll) Penciptaan jasa-jasa, suatu kegiatan administrasi, menyediakan data atau informasi bagi yang membutuhkan.

 

Tahap-tahap dalam pengendalian produksi :

  •   Planning, yaitu merencanakan jumlah, waktu produksi dan sebagainya.
  •  Routing, yaitu penengtuan urutan dari suatu kegiatan dalam kegiatan produksi
  •  Scheduling, yaitu pembuatan jadwal untuk pelaksanaan dalam proses produksi
  • Dispatcing, yaitu suatu perintah yang dibuat untuk mulai melakukan pekerjaan atau kegiatan proses produksi.
  • Follow Up, yaitu tindak lanjut dari planning, routing, scheduling dan dispatcing agar sesuai dengan rencana.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s